- Wisata

Wisata kuliner khas Cirebon yang sangat Legendaris

Ketika kamu sedang berada di kota Cirebon, kamu tidak perlu khawatir untuk bersantap kuliner yang enak di cirebon, karena kota ini punya kuliner khas yang patut untuk kamu coba. Kota Cirebon mempunyai berbagai kuliner sedap yang pastinya bisa menggoyang lidah kamu.

Wisata kuliner di Cirebon tidak kalah mengasikan dengan kota lainnya, banyak berbagai pilihan kuliner khas cirebon yang rasanya sangat lezat. Kuliner khas cirebon mempnyai cita rasa tinggi dan unik, dan untuk soal harganya pun bisa dibilang terjangkau. Untuk itu, inilah kuliner khas cirebon yang wajib kamu coba :

  1. Empal Gentong

Ketika kamu sedang berada di pusat belanja batik kampung trusmi, kamu pasti akan menemukan sepanjang jalan kota Cirebon yang menjual kuliner khas empal gentong Cirebon dari restoran hingga rumah makan biasa. Kuliner empal gentong ini terdiri dari daging empuk dan kuah santan khusus yang rasanya begitu gurih. Kuliner ini banyak digemari oleh para wisatawan, tak jarang banyak wisatawan membungkusnya untuk bisa menyantap empal gentong ini ketika pulang kerumah mereka.

Setiap hari berbagai rumah makan yang menyajikan empal gentong selalu ramai di kunjungi pengunjung. Harga perbungkus empal gentong ini bervariatif mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 45.000.

  1. Nasi Jamblang

Siapa yang tak kenal kuliner Nasi jamblang? Ya kuliner ini merupakan makanan khas cirebon yang selalu menjadi incara semua orang ketika berkunjung ke kota Cirebon. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Cirebon sudah pasti mencoba kuliner yang satu ini. Nasi jamblang terkenal karena keunikan rasa dan penyajiannya yang berbeda. Makanan ini terdiri dari nasi yang dituangkan dengan porsi sedikit seperti nasi kucing. Menu pelengkap nasi kucing biasanya tersedia telur dadar gobal-gabul, telur puyuh tusuk, tumis dendeng sapi, tumis kentang dan ragam ikan lainnya, baik itu cumi-cumi hitam, Udang tiram, gorengan otak sapi, paruh sapi, bahkan telur asin yang di pepes. Penyajian Nasi jamblang ini menggunakan alas terbuat dari daun jati sehingga menghasilkan aroma yang khas dan bisa menggoda lidah kamu.

  1. Docang

Docang merupakan kuliner khas cirebon yang legendaris. asal-usul makanan ini karena beredar melalui cerita rakyat. Kuliner docang mempunyai cita rasa yang unik dan tak kalah dengan kuliner lainnya. makanan ini terdiri dari potongan lontong sayur yang disiram dengan kuah gurih dari dage dengan bauran toge serta daun singkong.

Docang merupakan makanan sederhana namun memiliki rasa yang istimewa, kamu dapat dengan mudah menemukan pedagang kaki lima yang berjualan docang sepanjang jalan Cirebon.

Di pinggiran kota cirebon banyak para pedagang docang yang siap menyajikan menu satu ini dalam keadaan hangat. untuk harga, kamu tak perlu khawatir mahal karena satu porsi docang biasanya dijual mulai dari Rp. 5000 hingga Rp. 10.000 .

  1. Tahu Gejrot

Kuliner satu ini merupakan kuliner yang paling disukai oleh semau kalangan yaitu Tahu gejrot.

Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua menyukai kuliner tahu gejrot karena rasanya yang unik dan enak di lidah serta harganya yang murah membuat tahu gejrot paling dicari. Pembuatan tahu gejrot ini adalah tahu yang digoreng hambar alias tanpa bumbu, tahu ini dipotong-potong kecil dan diberi bumbu mentah dengan bawang merah serta irisan cabe rawit, campuran rasa asam, manis, pedas membuat tahu gejrot terasa unik di lidah.

Itulah beberapa wisata kuliner khas Cirebon yang sangat legendaris. Bagi kamu yang henda berliburan, jangan lupa untuk memesan hotel reddoorz dimanapun dan kapan pun ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *