- Edukasi

Ruangguru Solusi atas Kekhawatiranku

Pendidikan anak adalah salah satu kewajiban terpenting dari orang tua. Mencarikan pendidikan yang baik adalah tanggung jawab semua orang tua. Tidak ada orang tua yang ingin anaknya tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Terutama kami, kami, aku dan suami adalah seseorang yang datang dari dunia pendidikan. Yap, kami berdua adalah pengajar. Aku sebagai dosen di salah satu universitas negeri di Jakarta dan suami juga sebagai dosen di kampus yang sama hanya berbeda jurusan.

Kamu hanya memiliki satu orang anak. Laki-laki dan sudah berada di tingkat akhir SMP. Sebelum masuk ke masa-masa ujian, aku sebagai ibunya sudah berusaha melengkapi segala kebutuhan ujiannya, dari mulai alat tulis, buku materi, buku latihan soal, buku simulasi UNBK SMP, bahkan sampai buku-buku tips untuk menghadapi ujian. Mungkin bagi sebagian orang ini terlalu berlebihan, tapi kami begini karena kami tahu kalau anak kami berbeda dengan anak lain. Anak laki-laki kami satu-satunya memang sangat introvert, pendiam dan kadang sulit untuk menerima keadaan lain disisi nya.

Entah anakku menurun dari aku atau ayahnya. Tapi yang jelas anakku tidak suka keramaian dan sulit bergaul. Sedangkan kami orang tuanya, bekerja di keramaian dan harus bergaul dengan mahasiswa-mahasiswa kami yang jumlahnya tidak sedikit.

Aku tahu salah satu kebutuhan untuk persiapan ujian anakku adalah mendaftarkan ke bimbel. Bukan kami tidak mau, tapi kamu sulit mencari bimbel yang cocok untuk anak kami. Pernah kamu mencoba untuk mendaftarkan ke salah satu bimbel yang cukup bagus, setelah itu aku mengantarkan untuk pertemuan pertama sampai ketiga awal.

Setelah itu aku menanyakan apakah anakku nyaman belajar di sana, atau bagaimana perasaannya. Anakku hanya menjawab dengan satu kata “lumayan”. Aku tahu dia kurang nyaman sampai ia ketika aku sudah tidak antar lagi, dia sering bolos. Aku sering ditelpon oleh pihak bimbel kalau anakku tidak datang, dan setelah aku cek ternyata anakku sudah berada di rumah dari beberapa jam yang lalu.

Aku tahu ia tidak nyaman, maka aku mencoba untuk mencarikan solusi lain. Aku memanggil guru privat ke rumah. Mungkin anakku lebih nyaman jika belajar sendiri di rumah. Tapi ternyata itu juga bukan solusi. Anakku sering tidak keluar kamar ketika gurunya sudah datang, atau ketika sudah belajar ia tidak sungguh-sungguh. Aku semakin bingung, waktu ujian mungkin akan semakin dekat. Latihan Simulasi UNBK SMP anakku sangatlah kurang, aku takut waktu belajarnya terlalu mepet.

Sampai pada akhirnya aku menemukan sebuah aplikasi bimbel online, yap bimbel online mungkin cocok untuk anakku yang sangat introvert. Anakku tidak perlu bertemu orang ketika belajar, ia bisa belajar sendiri. Aplikasi tersebut adalah Ruangguru. Ruangguru memiliki banyak produk, salah satunya adalah Ruangbelajar.

Ruangbelajar dalam platform bimbel online ini, mampu membuat anakku lebih giat belajar walaupun tanpa tutor. Tanpa tutor tidak membuat kualitas materi di Ruangbelajar ini berkurang, aku melihat di video materi yang ditonton anakku juga merupakan penjelasan dari tutor berpengalaman dan handal dalam bidangnya. Walaupun simulasi UNBK SMP untuk anakku bersistem online, tapi anakku lebih nyaman menjalankannya dan sistem online ini lebih bisa serupa dengan ujiannya nanti yang berbasis online dan komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *