- Kesehatan

Perkembangan Periode Emas Bayi

Mengenal periode emas bayi atau Masa Tumbuh Kembang Anak. Periode emas bayi adalah masa emas anak yang merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa golden age ini, pembentukan system saraf secara mendasar sudah terjadi. Pada masa ini, terjadi hubungan antara sel-sel saraf. Kuantitas dan kualitas sambungan ini menentukan kecerdasan balita. Orangtua sudah semestinya menyadari bahwa usia bayi adalah masa emas bagi pertumbuhan setiap individu. Hal ini dikarenakan masa lima tahun pertama usia anak adalah masa kritis. Pada periode ini merupakan masa yang menjadi basis, landasan, dan fondasi berbagai aspek perkembangan. Periode emas bayi adalah usia anak pada masa-masa awal hidupnya di dunia. Periode emas bayi adalah usia anak ketika mereka berumur 0 sampai dengan 5 tahun. Pada usia tersebut berada pada perkembangan terbaik untuk fisik dan juga otak anak. Meskipun sudah banyak keterangan tentang golden age, sayangnya masih ada orangtua yang kurang memperhatikan hal ini.

Tentu saja tidak hanya masa balita saja yang penting bagi kehidupan manusia. Semua masa adalah penting. Akan tetapi tentunya pengalaman-pengalaman pertama yang biasanya terjadi pada masa balita. Pengalaman pertama itu akan terekam kuat di alam bawah sadar mereka. Pengalaman itulah yang akan menjadi tuntutan seseorang anak untuk bersikap di kemudian hari. Hal ini dikarenakan sirkuit emosi manusia terbentuk sejak bayi. Bahkan sejak anak berusia masih berusia 2 bulan. Sebagai orangtua tentu kita ingin anak tumbuh kembang dengan sebaik mungkin. Ada beberapa tahapan pada periode emas bayi untuk memicu perkembangan mereka lebih optimal. Caranya dengan mengetahui dan mengoptimalkan periode emas bayi atau biasa disebut golden age. Pada masa anak berusia 0 hingga 5 tahun merupakan masa perkembangan otak. Pada usia 0 sampai 5 tahun merupakan masa kritis pada anak karena.

Manusia memiliki 100 neuron untuk menyalurkan pesan / komunikasi setiap aktivitas ketika lahir. Neuron ini akan berkembang lebih dari 20% jika dirangsang dengan pendidikan dan pengetahuan. Pada 50% kapabilitas kecerdasan manusia terjadi pada umur sekitar 4 tahun. 80 % telah terjadi pada usia sekitar 8 tahun. Dan diyakini mencapai puncak tertingginya pada usia 18 tahun. Merupakan periode untuk mulai mengenal sosialisasi (sekolah, kelompok), menjelajah, bermain, meniru, dan kreatif. Pada periode emas bayi ini, perkembangan otak terjadi secara keseluruhan pada keempat bagian otak, termasuk pada masing-masing belahan otak. Belahan otak inilah yang akan menyimpan kemampuan-kemampuan anak yang berbeda pada belahan otak kanan maupun otak kirinya.

Untuk otak kiri berhubungan dengan tangan, kaki, dan tubuh sebelah kanan. Sedangkan otak kiri mengendalikan aktivitas yang bersifat teratur, berurutan, rinci, sistematis. Misalnya saja seperti membaca, menulis, menghitung. Sedangkan otak kanan berhubungan dengan tangan, kaki, dan tubuh sebelah kiri. Dan otak kanan mengendalikan aktivitas yang bersifat divergen (meluas). Seperti imajinasi, ide-ide, kreativitas, emosi, music, intuisi, abstrak, bebas dan simultan. Jika para orang tua menginginkan anak dengan kecerdasan multiple, latihlah kedua tangan, kaki, mata, telinga kanan dan kiri sama seringnya setiap hari. Terutama sampai pada usia 3 tahun, agar pada periode emas bayi ini otak kanan dan kiri berkembang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *