- Edukasi

Lebih Mudah Belajar Materi SBMPTN di RuangGuru

Melanjutkan kuliah ke perguruan Tinggi Negeri menjadi cita-citaku sejak dulu. Selain biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Jauh lebih murah dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Berkuliah di universitas Negeri juga suatu hal yang membanggakan buatku.

Perkenalkan namaku Amy. Aku siswi kelas dua belas SMA di Bandung. Menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri memang menjadi cita-citaku dari dulu. Sebab aku ingin seperti kedua kakaku yang bisa melanjutkan kuliah di ITB.

Walaupun kedua orang tua kami tidak mewajibkan kami untuk berkuliah di PTN, tapi kami sebagai anak ingin meringankan beban orang tua, agar biaya kuliah yang kami jalani tidak begitu memberatkan mereka.

Untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, ada tiga jalur yang bisa kita coba, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (di masing-masing universitas tujuan).

Tentunya, aku akan mencoba ketiga jalur tersebut. Pertama yang aku coba adalah jalur SNMPTN. Pada jalur ini, kita menggunaka nilai rapor kelas semester satu sampai dengan semester lima untuk tahap seleksi. Selain itu, pada tahapan ini, nilai rapor tersebut harus mengalami kenaikan.

Karena tahu persyaratan tersebut aku merasa pesimis lolos. Sebab, nilai rapor kelas sebelasku mengalami penurunan dibanding nilai raporku di kelas sepuluh atau di semester satu dan semester dua.

Mengetahui hal tersebut, kedua orang tuaku menyarankanku untuk mengikuti seleksi lewat SBMPTN atau melalu tes. Sehingga, untuk memaksimalkan usahaku, kedua orang tuaku menyuruh aku mengikuti les tambahan untuk menunjang aku dalam belajar agar aku menguasai materi SBMPTN.

Awalnya, aku ingin mengambil bimbel di dekat rumah. Namun, aku galau karena untuk menuju tempat bimbel tersebut, aku harus naik angkot dan di kawasan tersebut terbilang cukup macet. Selain itu, katanya materi SBMPTN di sana tidak lengkap.

Karena mengetahui kendala yang aku alami, kakakku yang menyarankanku untuk mengikuti bimbel online di RuangGuru. Katanya, RuangGuru adalah bimbingan belajar yang dapat dilakukan secara online dan memiliki materi SBMPTN yang cukup lengkap.

Kemudian aku mencari tahu apa itu RuangGuru. Ternyata memang RuangGuru memiliki banyak kelebihan dibanding bimbel offline atau bimbel konvensional. Misalnya, bimbel online RuangGuru memiliki waktu yang lebih fleksibel dibanding bimbel biasa.

Selain itu, RuangGuru menawarkan berbagai fitur menarik dalam proses belajar mengajar. RuangBelajar misalnya. Di RuangBelajar kita bisa memahami materi pelajaran jadi lebih mudah dengan mengikuti misi bersama master teacher.

Tak hanya itu, ada berbagai macam cara belajar yang menyenangkan, seperti ada ribuan video yang dikemas dengan animasi dan diajarkan oleh tutor terbaik yang memudahkan kita untuk memahami setiap materi.

Untuk mempelajari materi SBMPTN nya aku tidak perlu repot –repot membeli buku di toko buku, karena tinggal mempelajari materi SBMPTN nya secara online dari ruangguru. terima kasih RuangGuru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *