- Kesehatan

Cara Mengatasi Muntah pada Anak dengan Bijaksana

Suatu hari, anak Anda tiba-tiba terlihat pucat, berkeringat dan mengeluhkan mual hingga kemudian ia muntah. Anda semakin cemas, karena ia seharian belum mengonsumsi makanan apapun. Muntah pada anak memang bisa menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Muntah adalah kondisi di mana anak mengeluarkan isi lambungnya melalui mulut. Muntah biasanya diawali dengan mual atau nausea.  Saat muntah, perut dan dada anak terasa penuh hingga sesak dan sering kali menyakitkan. Lalu, apa sebenarnya penyebab anak muntah? Mari kita simak beberapa ulasan tentang penyebab muntah pada anak dan penanganannya:

Penyebab Muntah Pada Anak

  1. Gastroenteritis atau infeksi mikroorganisme yang terjadi pada sistem pencernaan, juga dikenal dengan istilah stomach flu atau flu perut. Tanda-tanda yang muncul biasanya berupa diare, demam, dan nyeri.
  2. Anak tidak sengaja menelan zat beracun, seperti obat-obatan, bahan kimia, atau makanan dan minuman yang terkontaminasi.
  3. Alergi makanan. Selain muntah, salah satu gejala yang seringkali muncul bisa disertai kulit merah dan juga gatal-gatal. Selain itu juga bisa muncul bengkak pada bagian wajah, sekitar mata, bibir, lidah, ataupun pada langit-langit mulut.
  4. Apendisitis atau radang usus buntu yang menyebabkan nyeri pada perut yang makin parah seiring waktu.
  5. Selain itu, muntah juga bisa disebabkan oleh gerakan tubuh yang berlebihan (misalnya berayun, berlari-lari, atau melompat-lompat), infeksi telinga, infeksi saluran kemih, meningitis atau radang selaput otak, hingga stres atau cemas.

Cara Menangani Muntah pada Anak di Rumah

Yang penting untuk diingat orang tua saat terjadi muntah pada anak adalah terus memberi anak minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Anda juga memberikan cairan elektrolit berupa oralit. Takaran oralit juga bisa disesuaikan dengan anjuran dokter berdasarkan kondisi fisik anak Anda. Namun jangan paksakan anak Anda untuk minum cairan ini jika masih muntah-muntah. Oralit ini tersedia di dalam bentuk bubuk yang kemudian dicampur dengan air sebelum diminumkan. Oralit ini mengandung gula dan juga mineral yang dapat membantu menggantikan unsur-unsur yang hilang dari tubuh akibat muntah. ASI, sirup, dan juga air madu juga bisa menjadi salah satu pilihan cairan yang diberikan. Untuk menangani lebih lanjut, maka Anda bisa lihat referensi https://www.goapotik.com/.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *