- Kesehatan

Cara Mengatasi Gigi Berlubang dengan Mudah

Pernahkah Anda merasakan sakit pada gigi Anda tanpa alasan yang jelas? Atau perhatikan bagaimana warna gigi Anda berubah menjadi hitam? Mungkin ada lubang di gigi Anda yang belum Anda ketahui! Bagaimana cara menangani lubang dan apa penyebabnya? Mari kita kenal kekosongan dan bagaimana kita bisa mengatasinya. Rongga adalah kerusakan pada gigi yang menyebabkan lapisan luar (enamel) atau lapisan dalam (dentin) terkikis. Kerusakan ini biasanya terjadi sebagai akibat dari akumulasi bakteri di mulut yang berubah menjadi zat asam dan menjadi plak yang mengikis gigi. Rongga gigi tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, tetapi orang-orang dari segala usia – termasuk bayi. Selain itu, lubang juga merupakan salah satu masalah kesehatan paling umum di dunia.

Mengapa gigi berlubang?

Biasanya, lubang di gigi pada awalnya terbentuk dari plak gigi – yaitu sisa makanan yang mengandung gula dan dikonversi oleh bakteri di mulut menjadi asam. Plak ini kemudian menempel pada gigi dan asam di bagian dalam dan mengikis lapisan gigi – dimulai dengan lapisan luar yang melindungi gigi dari kerusakan dan penyakit. Ketika lapisan gigi terkikis, lubang mulai terbentuk di gigi. Jadi penyebab penting gigi anda berlubang biasanya dikarenakan kebiasaan jarang menyikat gigi, terutama setelah makan makanan manis atau terlalu banyak makan makanan manis.

Tanda gigi Anda berlubang

Biasanya ada beberapa gejala di mulut dan gigi Anda yang mengindikasikan bahwa gigi Anda berlubang. Tetapi rasa sakit dan gejala yang muncul dapat bervariasi untuk setiap orang, terutama ketika lubang muncul di gigi baru. Biasanya rasa sakit tidak terasa pada tahap ini dan gejala gigi berlubang belum terlihat. Ketika celah pada gigi meningkat, gejalanya muncul dengan jelas dan Anda mungkin juga mulai merasa sakit.

Jika Anda mulai merasakan gejala-gejala ini, segera hubungi dokter gigi untuk pemeriksaan. Biasanya dokter akan memeriksa dengan alat yang menekan gigi kecil atau dengan melakukan rontgen untuk memeriksa apakah gigi Anda benar-benar berlubang.

  • Gigi menjadi sensitif ketika makan makanan atau minuman yang panas, dingin atau manis
  • Rasa sakit saat menggigit atau menekan gigi
  • Lubang terlihat di gigi
  • Rasa sakit pada gigi tanpa alasan yang jelas
  • Perubahan warna di beberapa bagian gigi menjadi putih, coklat atau hitam.

Meskipun ini bisa sedikit menakutkan, Anda tidak boleh diperiksa jika Anda sudah merasakan gejala gigi berlubang, karena ketika Anda pergi, dokter gigi ini dapat menyebabkan komplikasi yang Anda tahu. Contoh komplikasi gigi berlubang adalah gigi rusak atau hilang, masalah mengunyah permanen, sakit gigi persisten, bahkan abses gigi yang dapat menyebabkan Anda menderita penyakit yang lebih berbahaya.

Setelah mengalami gejala gigi berlubang dan memeriksakan diri ke dokter gigi, saatnya Anda mulai mengatasinya. Ada dua cara untuk mengatasi gigi berlubang: menggunakan obat alami atau dengan menghubungi dokter gigi. Perawatan rongga alami biasanya dilakukan untuk mengobati rasa sakit dan Anda dapat melakukan ini dengan berbagai cara.

  1. Hindari makan atau minum yang terlalu panas atau dingin
    Karena gigi Anda lebih sensitif ketika ada lubang, rasa sakit meningkat ketika terkena makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin. Jadi selama gigi Anda kosong atau ketika Anda baru mulai merasakan gejalanya, hindari makanan dan minuman ini segera.
  2. Berkumur dengan minyak
    Teknik ini berasal dari India dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengurangi sakit gigi. Anda tidak dapat menggunakan minyak goreng biasa untuk melakukan ini, tetapi Anda membutuhkan minyak kelapa, minyak wijen atau minyak zaitun. Ambil 1 sendok teh minyak, bilas mulut Anda, lalu ludah, bilas mulut Anda dengan air hangat dan gosok gigi.
  3. Berkumur air garam
    Metode perawatan alami ini mungkin adalah hal yang paling banyak diketahui untuk dilakukan pada saat gigi menjadi sakit melalui lubang. Untuk melakukan ini, larutkan 1 sendok makan garam dalam 1 gelas air hangat dan kemudian bilas selama 1 menit dan lakukan 3 kali sehari. Selain membilas, ½ sendok teh garam, Anda juga dapat mencampurnya dengan air lemon dan memijatnya di rongga gigi selama beberapa menit dan kemudian membasuhnya dengan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *