4 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Penderita Diabetes

 

Lakukan beberapa tips di bawah ini supaya kesehatan gigi dan mulut penderita untuk menjaga kesehatan diabetes.

  1. Mengontrol diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mulut kering, penyakit gusi, gigi keropos, serta infeksi jamur di area mulut. Infeksi yang timbul juga berpotensi meningkatkan kadar gula darah, sehingga penyakit diabetes juga makin sulit dikontrol. Oleh karena itu, Anda harus berkomitmen terhadap diri sendiri untuk selalu menjaga kadar gula darah.

Selain itu, ikuti instruksi yang telah diberikan oleh dokter untuk menjaga kadar gula darah di dalam kadar yang normal. Semakin baik mengontrol kadar gula darah, maka kemungkinan akan mengalami radang gusi atau masalah gigi dan mulut lainnya akan semakin kecil.

  1. Gosok Gigi Dua Kali Sehari

Menggosok gigi Anda sebanyak dua kali dalam sehari dapat menjaga agar Anda terhindar dari bau mulut. Selain itu, menggosok gigi juga dapat menghilangkan bakteri yang berpotensi membentuk plak dan berujung pada infeksi.

Tetapi  tidak hanya sekadar menggosok, Anda juga harus melakukannya dengan benar. Cara yang benar untuk menggosok gigi adalah mengarahkan sikat gigi 45 derajat berlawanan dengan gusi. Kemudian, gerakkan sikat gigi tersebut perlahan ke bagian depan, belakang, dan juga bagian atas-bawah. Lakukan gerakan tersebut selama dua menit. Gunakan sikat dengan bulu yang lembut, dan pasta gigi yang mengandung flouride. Dianjurkan untuk mengganti sikat gigi dengan yang baru setiap tiga bulan sekali.

  1. Dental Floss (Membersihkan Gigi Dengan Benang)

Upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi penderita diabetes adalah membersihkan gigi dengan benang setiap hari. Kegiatan ini dapat membantu Anda mengatur timbulnya plak pada mulut. Karena dental floss bisa meraih bagian mulut yang tidak tergapai oleh sikat gigi. Usahakan untuk rutin melakukan dental floss setiap hari, sama seperti menggosok gigi.

  1. Periksalah ke Dokter Gigi Secara Rutin

Tujuan ke dokter gigi secara rutin adalah untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan penderita diabetes rentan mengalami infeksi di area mulut. Oleh karena itu, Anda harus rajin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, setidaknya dua kali dalam satu tahun. Selama menjalani pemeriksaan dan perawatan dengan dokter gigi, beri tahu dokter bahwa Anda mengidap penyakit diabetes dan jangan lupa pula untuk menyebutkan semua obat yang Anda gunakan. Minta dokter untuk mengajarkan cara merawat kesehatan gigi dan mulut untuk penderita diabetes di rumah. Dengan begitu, Anda dapat lebih optimal menjaga kebersihan area mulut.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *